FOCUS GROUP DISCUSION (FGD), VISI, MISI, SASARAN DAN TUJUAN FEB UNMUS

                                                                                                                              
    Prodi Ekonomi Pembangunan dalam beberapa waktu yang lalu telah melakukan kegiatan yang berkaitan dengan  Focus Group Discussion (FGD) Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Kurikulum, pada FGD tersebut Pemaparan yang di lakukan oleh ketua Prodi Ekonomi Pembangunan dalam hal ini Bapak. Romualdus TPMD, S.E.,M.Si menyampaikan bahwa pihaknya telah menyusun dan merancang Visi, Misi serta arah tujuan dari Prodi Ekbang untuk lima tahun kedepan yakni Tahun 2022 - 2026. Di dalam pemaparannya dirinya bersama tim berharap agar perlu adanya kegiatan ini supaya semua pihak baik itu, Dosen, mahasiswa maupun  stakeholder bisa memberikan masukkan berupa saran , kritik nya untuk membantu dalam mendukung proses pendidikan hingga program studi ekonomi pembangunan lebih baik di kemudian hari. adapun Visi, Misi diantaranya : 

Visi ;  
  • Menjadi Jurusan Ekonomi yang dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan adaptif terhadap dinamika perekonomian berbasis sumberdaya dan nilai- nilai lokal yang berdampak bagi masyarakat untuk menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.
Misi :
  • Menyelenggarakan Proses Pendidikan Ekonomi Pembangunan berbasis penelitian berlandaskan moral dan etika untuk menghasilakan lulusan yang berdaya saing dan memiliki keahlian di bidang ekonomi pembangunan.
  •  Melaksanakan Penlitian guna mengembangkan mutu pembelajaran
  • Melaksanakan Pengabdian pada masayarakat untuk menumbuh kembangkan kepekaan dan tanggungjawab sosial segenap civitas akademika. 
  • Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak terutama stakeholder dalam meningkatkan kompetisi mahasiswa dalam bidang perencanaan wilayah dan sumber daya ekonomi. 

                         

    Visi Misi yang di rancang oleh Program Studi Ekonomi Pembangunan  merupakan turunan dari Visi Misi Universitas dan Fakultas  Ekonomi dan Bisnis untuk 5 tahun ke depan. Kegiatan yang berlangsung selama 3 jam ini banyak mendapatkan respon yang positif dari berbagai peserta yang hadir, berbagai kritik dan saran yang di sampaikan cukup menarik dan perlu dievaluasi kembali terkait target dan capian yang di anggap tidak belum terukur dan perlu ada kerja extra agar visi misi dan sasaran yang di rancang mampuh selaras sesuai fakta dan data di lapangan.


         

                                                                                           

Adapun Tujuan dan Sasaran dari Program Studi Ekonomi Pembangunan diantaranya ; 

TUJUAN BIDANG PENDIDIKAN

  1. Terlaksananya penelitian di bidang perencanaan pembangunan daerah dan sumber daya baik penelitian dasar maupun terapan yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan maupun masyarakat. 
  2. Meningkatkan kualitas lulusan dengan cara memperbaiki kurikulum sesuai dengan permintaan pasar tenaga kerja yang berkelanjutan 

TUJUAN BIDANG PENGABDIAN

                Terlaksananya program pengabdian kepada masyarakat sehingga dapat memberikan solusi di                  bidang ekonomi untuk meningkatkan ekonomi sosial budaya masyarakat.

 SASARAN

Lulusan yang mempunyai kompetensi yang dibutuhkan oleh pasar kerja dan mempunyai kemampuan kerja mandiri yang berbasis pada kerja kompetensinya Ukuran:

  1. Jumlah lulusan dengan masa studi tepat
    waktu (≤ 4 tahun) minimal 50%,
  2. Jumlah lulusan yang memiliki IPK ≥ 3.00
    minimal 80%,
  3. Lulusan memiliki sertifikat pelatihan/penguatan
    soft skill 1 macam,
  4. Lulusan bekerja atau berwirausaha dalam 7
    bulan pertama setelah waktu kelulusannya adalah minimal 50%.
  5. Jumlah dosen yang memiliki publikasi ilmiah
    internasional minimal 10% dari total dosen jurusan Ekonomi Pembangunan.
  6. Terciptanya
    jaringan kerja yang efektif Jurusan Ekonomi Pembangunan dengan stakeholder
    pasar kerja. Ukuran:
  7. Jumlah
    kerjasama pendidikan dan pengajaran yang terjalin dengan lembaga pemerintah dan
    non pemerintah ≥ 2,
  8. Jumlah
    kerjasama penelitian yang terjalin dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah
    ≥ 3
  9. Jumlah
    kerjasama pengabdian kepada masyarakat yang terjalin dengan lembaga pemerintah
    dan non pemerintah ≥ 3,

  10. Pencapaian kepatuhan
    terhadap setiap Audit Internal Mutu minimal 90%. 

    Ketua dan Sekertaris Jurusan Ekonomi Pembangunan dalam diskusi tersebut mengharapkan agar apa yang menjadi  Visi Misi Tujuan dan Saran untuk 5 tahun kedepan dapat terwujud perlu adanya campur tangan dari semua element yang berkaitan seperti Dosen, Tendik, Mahasiswa(dan alumni) maupun Stakeholder.(romimaro@gamil.com)